WE ARE IN MEDAN...THE ONE & ONLY...THANKS FOR APPRECIATION & STILL WELCOMING YOU HERE...

Thank you to all my friends and visitors of this blog for all appreciation & visiting. Hope that you can find informations you need or at least inspiring you. For any suggestions, critics, comments and new idea for the articles. please feel free to send your e-mail to : dyan.diwangkoro@yahoo.co.id

running text

Berjibaku sebagai Emcee (MC)

by diwang (271210)


MC alias master of ceremony alias tukang cakap2 di sebuah perhelatan/acara adalah sebuah profesi yang menuntut kita untuk lebih peduli dengan keadaan. ’Keadaan’ disini adalah lingkungan dimana kita bekerja sebagai MC. Kita harus tahu bagaimana menghidupkan sebuah acara, bagaimana berinteraksi dengan audiens/penonton/tamu dan bagaimana kita mengendalikan acara itu sendiri agar terkemas secara apik, menarik dan tidak monoton.

Menjadi MC itu (menurut saya) banyak ragamnya :

1. Ada MC acara resmi (pernikahan, seminar atau acara-acara resmi lainnya)
2. Ada MC acara setengah resmi (ulang tahun, pentas seni, perpisahan sekolah dan lainnya)
3. Ada MC Promo, yang kerjanya mempromosikan produk-produk yang dijual oleh vendor-vendor tertentu

Kalau ada yang mau nambahin, silakan saja…

Sebagai MC, modal utama yang harus kita miliki adalah :
a. Kemampuan berbicara langsung di depan publik
b. Kemampuan berinteraksi
c. Kemampuan bahasa
d. Kemampuan berkreatifitas dan improvisasi
e. Kemampuan menguasai lingkungan

Modal utama ini bisa diperoleh dengan mengikuti sekolah atau kursus menjadi MC, atau bisa juga bermodalkan sebagai penyiar radio atau pengalaman berbicara atau menjadi orator ketika di sekolah atau di kampus atau bisa juga hobi nonton tayangan berita di tv dan terinspirasi melalui acara tersebut. Intinya adalah, kita sebagai MC harus memiliki kemampuan lalu ditambah dengan keberanian. Yakin dengan apa yang Anda sampaikan dan harus sesuai dengan tujuan Anda sebagai MC tersebut.

Persiapkan segala referensi yang diperlukan untuk menjadi seorang MC, tanya ke panitia yang mempekerjakan kita sebagai MC apa-apa saja yang harus kita kerjakan dan sampaikan. Mintalah rundown atau sususan acara lengkap acara tersebut sebagai pedoman kita untuk bisa membayangkan bagaimana jalannya acara tersebut. Fungsi rundown ini adalah agar kita dapat mengetahui acara demi acara yang berlangsung, dari acara pembukaan, pokok acara, selingan/hiburan sampai ke penutup acara. Yang biasa tercantum dalam rundown itu adalah mata acara yang akan diadakan dan berapa lama durasi atau jangka waktu yang dibutuhkan untuk sebuah mata acara.

Kemudian, sebagai MC untuk acara resmi, persiapkan segala yang kita butuhkan. Baik itu untuk memperkuat penampilan kita (pakaian), tanyakan dress-code (ketentuan memakai pakaian) apa yang berlaku di acara tersebut. Apakah harus pakai pakaian resmi komplit (jas, dasi dll), ataukah memakai batik atau santai tapi rapi atau apapun itu yang berkenaan dengan dress-code. Persiapkan kata-kata yang akan kita pergunakan dalam acara tersebut. Sebaiknya bahasa yang baku dan umum. Karena kita belum tentu mengetahui kategori usia audiens yang akan kita hadapi nantinya. Sesuaikan bahasa yang kita pergunakan. Kalau perlu kita ketik/tulis dan dijadikan contekan juga sah-sah saja. Yang jelas itu merupakan pedoman bagi kita agar apa yang kita sampaikan tidak melenceng dari yang diharapkan.

Untuk acara setengah resmi, tetap tanyakan tentang dress-code. Lihat rundown acaranya. Sesuaikan pemakaian bahasa yang disampaikan. Perbanyaklah ide-ide untuk mengadakan games/permainan dadakan di acara tersebut. Tidak perlu games yang rumit, yang simpel tapi menarik dan ramai, sehingga audiens pun terbawa suasana acara dan senang hatinya. Ide untuk games ini bisa di cari di internet, atau cari buku-buku games untuk outbound.


Sebagai MC untuk promo, biasanya promo sebuah produk. Pastikan Anda menguasai product knowledge alias pengetahun tentang produk yang akan dipromosikan. Ketika berpromosi, tidak perlu semua disampaikan mengenai produk tersebut (bisa berbuih mulut Anda nantinya…). Namun ambil ringkasan mengenai produk tersebut, seperti : poin-poin utama dari produknya, keunggulan produk, harga, hadiah-hadiahnya dan lain-lain. Cobalah untuk berinteraksi dengan pengunjung yang datang ke stand promo (booth) Anda. Sesuaikan kostum Anda, biasanya ada baju seragam dari Panitia. Atur jadwal Anda untuk berbicara, misalnya dalam satu jam Anda berpromosi sebanyak 4 kali dengan durasi selama 10 menit atau mungkin lebih. Karena Anda harus ingat, Anda juga harus menyempatkan diri untuk mengistirahatkan mulut Anda. Jangan lupa sempatkan makan atau ngemil, karena biasanya sebagai MC promo itu kerjanya seharian penuh. Biasanya akan ada banyak SPG (Sales Promotion Girl) atau SPM (Sales Promotion Male) yang akan membantu tugas Anda. Jadi sedikit-banyak, tugas Anda tak terlalu berat sebagai MC. Namun, cobalah sekali-kali melihat kerumitan kerja SPG/SPM. Karena mereka biasanya ditugaskan juga selain promo produk, juga mencatat nama pelanggan dan juga mencatat sales hari itu. Cobalah sekali-kali untuk membantu atau paling tidak mengerti akan keruwetan mereka. Karena disinilah letak kerja sebuah tim yang kompak. Saling membantu.

Last but not least…jangan malas untuk menambah referensi Anda sebagai MC. Karena dunia MC itu terus berkembang dan jangan sampai Anda ketinggalan informasi bagaimana seharusnya menjadi MC yang interaktif, komunikatif dan edukatif.

Be a good MC, so you will have the good audiences…

1 komentar:

  1. kalau boleh tau sekolah jadi mc ada ngak di medan sumut

    BalasHapus

DIMOHON DENGAN SANGAT...komentar Anda harus berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih atas perhatiannya.