WE ARE IN MEDAN...THE ONE & ONLY...THANKS FOR APPRECIATION & STILL WELCOMING YOU HERE...

Thank you to all my friends and visitors of this blog for all appreciation & visiting. Hope that you can find informations you need or at least inspiring you. For any suggestions, critics, comments and new idea for the articles. please feel free to send your e-mail to : dyan.diwangkoro@yahoo.co.id

running text

Do-It-Yourself : Dry-Box untuk DSLR kesayangan Anda

by diwang (120111)


Demi menjaga keutuhan dan menjauhkan kerusakan kamera DSLR kesayangan, saya terpaksa berpikir kreatif bagaimana memiliki sebuah dry-box. Dry-box alias kotak kering adalah sebuah media penyimpanan khusus untuk barang-barang elektronik, dalam hal ini kamera. Karena, sekantong silika gel saja terkadang belum cukup mumpuni untuk mencegah jamur yang meranggas di dalam sela-sela alat elektronik milik kita. Untuk itu, izinkan saya berbagi ide tentang pembuatan dry-box made in dhewe ini. Alasannya, untuk membeli 1 unit dry-box khusus rasanya masih terlalu mahal bagi saya.

So, yang pasti kamera kesayangan Anda bisa aman dan terhindar dari jamur. Cara buatnya :

- Belilah kotak plastik (plastic box) dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pilih yang kedap udara dan usahakan jangan memakai roda (karena biasanya ada lubang yang tembus ke dalam kotak). Soal merek, terserah yang mana aja…mau Lion Star, Claris, Tupperware atau Marionette (seperti punya saya…hehehe, beli di Carrefour pas obralan).

- Belilah produk serapair (biasa dijual dekat dengan kapur barus), pilih untuk Dehumidifier (Anti Lembab) atau Anti Moisturizer. Mereknya bisa Bagus, Swallow atau apa aja…yang jelas untuk menyerap kelembaban yang juga bisa dipakai di lemari pakaian, rak buku dan tempat-tempat yang bisa menimbulkan kelembaban. Harga berkisar mulai 6 ribu sampai 20 ribuan (tergantung merek). Jangan lupa, lihat petunjuk pemakaiannya. Atau kalau ada jual, beli sekotak silika gel di apotik atau toko bahan kimia. Silika gel umumnya berwarna biru, apabila sudah berubah warna menjadi pink maka segera ganti dengan yang baru, karena silika gel ini sudah mencapai penyerapan kelembaban yang maksimal. Atau bisa juga pakai silika gel yang rechargeable alias bisa dicas ulang.

- Sediakan koran bekas sebagai alas paling bawah kotak dry-box Anda, fungsinya juga sebagai penyerap air langsung. Lalu lapisi atasnya dengan bahan gabus putih.

- Dry-box Anda sudah selesai dan bisa langsung dipakai. Usahakan menyusun barang-barang di dalamnya jangan terlalu rapat. Beri sedikit kerenggangan sekitar 2-3cm. Kalau perlu, lapisi tiap alat fotografi Anda dengan karet busa/gabus tipis.

Seminggu sekali, periksalah produk serapair Anda, lihat apakah ada air yang dihisapnya dan ini bisa kelihatan di bagian bawah wadahnya. Apabila telah penuh, jangan lupa untuk menggantinya dengan yang baru.




Anda bisa menambahkan alat Hygrometer untuk mengukur dan memonitor kelembaban dry-box Anda. Apakah dry-box Anda kelembabannya sudah normal, terlalu kering atau malah terlalu lembab. Kelembaban yang dianjurkan 30-50 pada penunjuk Hygrometer. Alat ini kabarnya bisa dibeli di toko alat-alat kesehatan atau alat rumah sakit.



Ada tips tambahan nih : Selain disimpan dalam dry-box, usahakan menjemur DSLR Anda sekitar 2-5 menit minimal seminggu sekali. Namun jangan kena matahari langsung. Fungsinya untuk menjaga kekeringan di dalam DSLR Anda.

Itulah sekelumit tentang pembuatan dry-box DSLR. Kalau ada kekurangan atau tambahan ide, tolong berikan komentar Anda melalui blog ini atau e-mail ke : dyan.diwangkoro@yahoo.co.id. Thanks…

5 komentar:

  1. gan mw tanya beli silica gel dan hygrometer di mna kalau di medan?? kyknya agan ank medan ni. right?

    BalasHapus
  2. Sepertinya bisa pakai "Serap air" seperti gambar di atas, banyak dijual di supermarket, merk Bagus dll.

    BalasHapus
  3. Gan Harga Hygrometer Kira Kira Brapa Duit ya,,,,,

    BalasHapus
  4. Hygrometer + Thermometer analog harganya Rp 45.000,-. Sedangkan yg digital Rp 80.000,- (tergantung merk).

    Sedangkan cara mengatur kelembaban pd dry box manual (bikinan sendiri) yaitu dg menambahkan/mengurangi silica gel. Cek pd hygrometer +- 15 menit stl penambahan silica.

    Utk drybox berukuran 20 liter dibutuhkan silica gel +/- 250gr (tergantung kwalitas silica).

    Setelah kamera dipakai seharian, sebaiknya dibersihkan dl, pastikan tali kamera tidak basah oleh keringat ato keringkan dl. Stl itu baru masukkan ke drybox.

    Selalu tutup rapat dry box walopun tidak berisi kamera/lensa.

    BalasHapus
  5. nice info gan,, ane baru dapet dry boxnya.. mulai belanja sisanya deh...

    BalasHapus

DIMOHON DENGAN SANGAT...komentar Anda harus berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih atas perhatiannya.