WE ARE IN MEDAN...THE ONE & ONLY...THANKS FOR APPRECIATION & STILL WELCOMING YOU HERE...

Thank you to all my friends and visitors of this blog for all appreciation & visiting. Hope that you can find informations you need or at least inspiring you. For any suggestions, critics, comments and new idea for the articles. please feel free to send your e-mail to : dyan.diwangkoro@yahoo.co.id

running text

Merawat kamera DSLR

by DIWANG (221110)


Kamera DSLR yang Anda miliki memang sekilas simpel dan gampang cara merawatnya. Tapi tunggu dulu,tak segampang yang Anda duga !! Susah banget aslinya dan kalo kita abaikan, jadinya bisa rusak total...maka penyesalan yang kita miliki. Kerusakan kamera tak hanya karena 'human error' (pemilik yang lalai memperlakukan DSLR dengan baik), tapi juga karena faktor-X.

Kerusakan 'human error', melulu disebabkan karena pemilik yang suka hatinya meletakkan gear-nya disembarang tempat. Sementara tempat itu mungkin kondisinya kurang bagus, seperti permukaannya miring/tidak rata, daerahnya lembab atau terlalu panas dan juga dekat dengan arus listrik/elektromagnetik kuat (kulkas, tv dan instalasi nuklir...ixixixixi...).

Sementara faktor-X adalah karena percikan air, hujan, kabut atau debu.
Menurut saya, perawatan kamera DSLR yang sebaik-baiknya itu adalah minimal 2 hari sekali (apabila pemakaian ekstrem atau sangat sering, mis : foto liputan jurnalistik untuk surat kabar), atau dua seminggu sekali (apabila hanya untuk hobi-2 biasa/hunting) atau seperti saya seminggu sekali (karena sering banyak job...hehehe, promosi !!).


Yang jelas, sebagai pemilik DSLR, Anda harus memiliki peralatan wajibnya, yaitu :
- Blower
- Kuas halus khusus lensa (atau kuas untuk make-up)
- Tisu khusus lensa (mereknya jangan yang 'mitu', bisa berkerak lensanya...hehee)
- Cairan pembersih lensa kamera atau lensa kacamata
- Kain flanel (warna oranye, khusus untuk lensa kacamata) atau kain khusus pembersih lensa
- Kuas agak besar untuk membersihkan bodi kamera/kuas cat yang sedang (catnya gak usah !)

(semua barang-barang di atas dapat dibeli di toko foto langganan Anda !)



Pertama-tama, bersihkan bodi kamera Anda dengan kuas khusus bersihkan bodi. Gunanya untuk menghilangkan debu-debu jalanan yang menempel pada bodi kamera Anda. Jangan bersihkan bodi kamera pakai tisu/lap basah, karena ditakutkan kelembaban kain bisa mempengaruhi fungsi internal kamera. Untuk membersihkan lensa depan, pertama gunakan blower untuk membersihkan debu yang menempel. Lalu semprotkan sedikit cairan pembersih lensa dan gunakan tisu khusus lensa untuk mengeringkannya. Biasa tisu khusus lensa ini dijual dalam bentuk lembaran, jadi gunakan selembar tisu untuk 3-4 kali usapan. Apabila masih kelihatan basah, ambil lagi selembar yang kering/baru baru di usapkan pada lensa sampai benar2 kering. Terakhir itu gunakan blower untuk lebih mengeringkan sisa-2 basah pada lensa, terutama di pinggirannya.


Selanjutnya, untuk membersikan lensa bagian dalam, cukup gunakan blower untuk menghilangkan debunya. Sementara untuk membersihkan reflektor/filter kaca dalam kamera DSLR, gunakan blower (jangan gunakan cairan), atau boleh gunakan kain flanel untuk membersihkannya namun hati-hati dan pelan2. Tapi kalau berisiko lebih baik tidak usah, gunakan saja blower. Dan tips buat Anda, apabila kamera tidak digunakan, biasakan mencopot lensa dari DSLR anda dan tutup lubang reflektor/sensor pada DSLR anda dengan Lens Cap/Penutup lubang lensa. Supaya dalam penyimpanan, tetap aman dari debu dan jamur. Jangan lupa juga untuk menyelipkan 'Silica Gel' sebagai anti jamur pada tempat penyimpanan kamera Anda. Atau silakan beli Dry Box for DSLR supaya kamera kesayangan Anda tetap aman.






Nah, itulah sedikit tips merawat kamera dari saya. Kalau ada yang mau nambahin, silakan saja.

Maturnuwun dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DIMOHON DENGAN SANGAT...komentar Anda harus berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. Terima kasih atas perhatiannya.